Standar Operasional Prosedur (SOP) atau Prosedur Tetap (Protap) adalah serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan dan di dokumentasikan dan aktivitas rutin dan berulang yang dilakukan oleh Suatu Organisasi Dalam Standar Operasional Prosedur ini itetapkan apa yang harus dilakukan, bagaimana, kapan, dimana dan Siapa yang melakukan setiap aktivitas.

Standar Operasional Prosedur (SOP) dibuat untuk menghindari terjadinya variasi dalam proses pelaksanaan kegiatan oleh pegawai yang akan menghambat kinerja organisasi secara keseluruhan.

Dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) Kepaniteraan ini ditetapkan prosedur 3 (tiga) bidang yaitu Bidang Perdata, Bidang Pidana dan Bidang Hukum, Pada dasarnya prosedur 3 (tiga) bidang Kepaniteraan yang ditetapkan dalam Standar Operasional Prosedur ini terdiri dari prosedur yang berkaitan dengan Pelayanan Eksternal.

Pelayanan Eksternal adalah segala kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan public sebagai upaya pemenuhan kebutuhan penerima pelayanan maupun pelaksana ketentuan peraturan perundang-undangan. Prosedur yang berkaitan dengan pelayanan eksternal tersebut ditetapkan dalam prosedur Bidang Perdata, Bidang Pidana dan Bidang Hukum.

Standar Operasional Prosedur (SOP) ini disusun dan dilaksanakan sesuai dengan Prosedur Kerja dan Administrasi Peradilan sehingga prosedur yang ditetapkan pada masing-masing bidang saling berkaitan bahkan berkaitan dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengadilan Tinggi Jayapura dan Standar Operasional Prosedur (SOP) Mahkamah Agung Republik Indonesia.

DOWNLOAD

 



Sumber Berita: http://pn-serui.go.id/hal-sop-kepaniteraan.html#ixzz5CiO9ynmA 
Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial No Derivatives

 

 

Statistik Pengunjung

1
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
1
1
1
0
1
1
1
IP Anda : 54.166.249.93
2018-11-13 04:09